SABANG– Jaringan Komunitas masyarakat Adat JKMA Sabang Senin (20/4), menyerahkan berkas draf Qanun Imum mukim pada DPRK Sabang. Dengan harapan pihak DPRK dapat segera merampungkan draf tersebut dalam bentuk hukum yang akan di berlakukan di Sabang.

Penyerahan tersebut di lakukan secara simbolis di ruang kerja Ketua DPRK Sabang H Husaini senin kemarin, dalam kesempatan tersebut H Husaini menyatakan sikapnya untuk terus mencoba mendahulukan pembahasan Qanun Imum mukim tersebut dalam rapat yang akan di gelar dalam waktu dekat ini.

“Memang ada bebera tahapan yang kita tempuh dan saat ini hal tersebut sudah masuk dalam proleg 2009 untuk di bahas dalam tahun ini juga,” ujar Husaini.

Secara khusus, Ketua DPRK Sabang H Husaini menyampaikan penghargaan yang tinggi pada lembaga masyarakat JKMA ini yang telah membantu pihak DPRK, dalam membantu menyusun draf Qanun tersebut. Sehingga seluruh aspirasi masyarakat terkait pembentukan Qanun Mukim dapat segera kita realisasikan.

Sementara itu, Sekretaris JKMA Sabang, Edy Syahputra menyatakan pihaknya akan terus memantau jalanya Qanun dan proses selanjutnya di tingkat DPRK. Sehingga aspirasi masyarakat yang selama ini di tampung dalam berbagai kegiatan yang di laksanakan oleh JKMA tidak sia-sia.

“Berkas yang kita serahkan hari ini bukan kita buat-buat tapi langsung merupakan hasil beberapa pertemuan yang kita laksanakan langsung dengan mansyarakat, terkait sistim pembentukan Imum Mukim. Dan prosesnya dalam bentuk Qanun sebagai produk hukum yang akan kita terapkan nantinya,” ujar Edy.

Edy berharap, berkas dan beberapa File program kerja JKMA yang hari ni sudah di tangan DPRK Sabang tidak terbengkalai begitu saja. Tapi terus diupayakan proses dan tindak lanjutnya ke depan, hingga Qanun yang merupakan aspirasi masyarakat Sabang tersebut dapat segera terealisasi. (zal)

Sumber: http://www.rakyataceh.com/index.php?open=view&newsid=9974&tit=Berita%20Utama%20-%20Draf%20Qanun%20Imum%20Mukim%20ke%20Dewan