SABANG-Jaringan Komite Masyarakat Adad Pulo Weah Sabang (JKMA), segera menggelar rapat pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat dari 18 kelurahan yang ada di Kota Sabang.

Pertemuan yang rencananya akan membahas Draf Qanun tentang Gampong tersebut, akan di gelar pada pertengahan Juni mendatang di Gedung KNPI Sabang dengan peserta mencapai 100 orang.

Manager program JKMA Edy Syahputra, Selasa (2/6) kemarin menyatakan, pihaknya siap melakukan pertemuan tersebut demi kepentingan masyarakat Sabang yang tidak akan lama lagi akan berubah status dari kelurahan menjadi gampong.

“Sbelum itu diberlakukan, tentunya kita uga harus siap. Untuk itu kita juga harus menyiapkan draf rancangan Qanun tersebut agar segera dibahas oleh Dewan,” ujarnya.

Edy juga menjelaskan, saat pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda yang mewakili kelurahannya masing-masing, akan muncul beberapa poin yang sebahagian besar. Dan menjadi sebuah acuan dasar kita dalam pembuatan Qanun nantinya atau dengan kata lain acuan dasar.

“Yang kita harapkan nantinya masyarakat ini harus lebih dulu paham dan mengerti betul apa yang di butuhkanya nanti bila semua struktur dalam tingkatan luarah itu di rubah menjadi gampong,” tambahnya.

Sementara itu terkait pengawalan draf Qanun tersebut hinga masuk dalam agenda rapat di tingkat DPRK Sabang, Edy berjanji pihaknya akan selalu melakukan monitoring agar apa yang telah dilakukan selama ini. Seperti draf rancangan Qanun Imum mukim dapat berjalan sebagai mana mestinya dan tidak di biarkan terbengklai begitu saja.

“Saya rasa apa yang telah kita lakukan selama ini tentunya punya dasar kuat yakni dasar keinginan masyarakat Sabang. Dan itu harus dan wajip kita kawal agar buah pemikiran mereka tidak sia-sia dan tentunya agar dapat di rasakan oleh generasi penerusnya di masa yang akan datang,” tegas Edy.

Sampai saat ini pihak DPRK Sabang sendiri telah menerima dan akan segera membahas beberapa Draf Qanun yang telah di serahkan oleh pihak JKMA. Namun proses pembahasan itu sendiri masih dinilai belum maksimal termasuk tenggang waktu yang di berikan cendrung melewati batas waktu yang telah di tentukan. (zal)

Sumber: http://rakyataceh.com/index.php?open=view&newsid=11197&tit=BANDA%20ACEH%20-%20Draf%20Qanun%20Gampong%20Dibahas