Peradaban Aceh (Tamadun) II

Peradaban Aceh (Tamadun) II

Aceh adalah nanggroe beradat dan beradab. Sebelum undang-undang di Indonesia diterapkan di Aceh, masyarakat Aceh sudah memiliki kearifan dalam hukum dan adat yang mentradisi bagi masyarakatnya. Kearifan itu tak lepas dari kentalnya nilai-nilai ke-Islaman yang bercermin kepada Al-Quran dan Al-Hadis. Kearifan itu melekat erat menjadi sejumlah hadih maja, di antaranyameulangga hukom raya akibat, meulangga adat male bak donya. Bahkan, peraturan hukum Aceh pernah diadopsi sebagai contoh oleh bangsa asing, termasuk bangsa yang menjajah Aceh. Penjajah mengadopsi Qanun Al-Asyi milik masyarakat Aceh untuk sistem pemerintahannya. Artinya, Aceh sudah dahuluan punya undang-undang dan segenap peraturan dalam menata kehidupan bermasyarakat sebelum undang-undang Indonesia lahir.

Demikianlah sedikitnya yang hendak diamprahkan Muhammad Umar (EMTAS) dalam “Peradaban Aceh (Tamadun) II”. Buku yang diterbitkkan oleh JKMA Aceh bersampul pudar itu merupakan bagian II, lanjutan dari bagian I yang sudah diterbitkan sebelumnya. Peradaban Aceh (Tamadun) I juga diterbitan oleh JKMA Aceh dan sudah menyapa segenap masyarakat Aceh di seluruh wilayah. Karena ketebalan telaah dan survey EMTAS kala itu, “Tamadun” Aceh mesti diterbitkan dalam dua bagian.

Dalam Tamadun II ini dijelaskan tentang pengelompokan hukum dalam peradaban Aceh, yang diperinci menjadi telaah pada hukum, qanun, dan reusam. Apa dan bagaimana ketiganya itu hidup dan berkembang di Aceh, secara terperinci dijelaskan dalam buku ini. Tak cukup penjelasan teori, EMTAS yang berasal dari Aceh Selatan itu mencoba mendetailkan teori-teori dengan contoh. Karenanya, buku yang ditulis berdasarkan hasil wawancara EMTAS dengan sejumlah tetua gampong di Aceh ini sangat bagus dibaca oleh orang yang hendak mendalami Aceh secara hukum dan adat. Selamat membaca.


Judul Buku: Peradaban Aceh (Tamadun) II
Penulis: Muhammad Umar (EMTAS)
Editor: Herman RN
Penerbit: Jaringan Komunitas Masyarakat Adat (JKMA) Aceh
Terbitan: Januari 2007
Tebal Buku: 216 halaman + x
ISBN: 979-96714-2-6 / 9 789799 671424


Buku di atas bisa didapat secara gratis di sekretariat JKMA Aceh apabila masih tersedia. Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya.