Menuju Masyarakat Beradat dan Demokrasi

Menuju Masyarakat Beradat dan Demokrasi

Membuat catatan perjalanan sudah sering dilakukan oleh banyak orang, terutama wartawan. Bahkan, beberapa kegiatan pun acap diberitakan di koran. Sayangnya, kebanyakan pemberitaan tentang acara semisal seminar dan sarasehan hanya terpaku pada kegiatan seremoninya saja. Akan tetapi, buku “Menuju Masyarakat Beradat dan Demokrasi” ini mencoba memberi nuansa lain.

Buku tipis yang hanya 102 halaman ini telah mendokumentasikan kegiatan sarasehan yang bukan sekedar even seremoni belaka sehingga menjadikan sebuah catatan bermakna. Dalam buku yang diterbitkan hasil kerja sama JKMA Aceh dan ICCO itu termuat hasil sarasehan atau pasar ide dan seminar tentang perekonomian masyarakat adat. Makalah-makalah dan hasil rekomendasi seminar dan sarasehan selama Kongres II JKMA Aceh di Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, 22-26 April 2007, juga dibukukan menjadi sebuah “kitab” mungil, yang apabila suatu saat ada yang memerlukan rujukan dari pemakalah dan hendak mengetahui hasil kongres secara keseluruhan, tidak susah lagi mencari data. Pasalnya, buku ini cukup menjawab untuk kebutuhan data-data sekitar Kongres II JKMA Aceh dan sekitar hal mengenai masyarakat dan adat di Aceh.

Ada banyak kemungkinan yang dapat dijadikan referensi sekitar adat dan masyarakat dari buku tersebut. Di antaranya, tentang kemiskinan dan demokrasi, peradaban (tamadun) Aceh, penguatan dan kemandirian ekonomi masyarakat adat, peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan gampong. Selain itu, ada pula pengetahuan kepada masyarakat untuk mengkritisi tatacara pembuatan qanun dan struktur lembaga adat dalam Undang-Undang Pemerintahan Aceh (UU PA).

Pada lembaran akhir buku ini dilampirkan rekomendasi akhir hasil Kongres II JKMA Aceh di Kecamatan Lhoong. Karena itu, tak salah pada pengantar buku bersampul coklat ini, Sekpel JKMA Aceh, Budi Arianto, mengharapkan agar buku tersebut dapat berguna terutama bagi pemangku adat, Pemda, pemberi bantuan, dan pengambil kebijakan terhadap Aceh.


Judul Buku: Menuju Masyarakat Beradat dan Demokrasi
Penulis: Tim JKMA Aceh
Editor: Herman RN
Penerbit: Jaringan Komunitas Masyarakat Adat (JKMA) Aceh kerja sama dengan ICCO
Tahun Terbit: Desember 2007
Isi: 102 halaman


Buku di atas bisa didapat secara gratis  di sekretariat JKMA Aceh apabila masih tersedia. Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya.