Sabang, (Analisa) Melalui kongres Jaringan Komunitas Masyarakat Adat (JKMA) III yang berlangsung tiga hari di Kota Sabang, Khalidin Alba akhirnya terpilih sebagai koordinator JKMA Aceh, Rabu (29/9).

Selain menetapkan koordinator JKMA Aceh ke depan, kongres JKMA III juga menetapkan 17 Dewan Adat Aceh yang terdiri dari 13 orang dari JKMA wilayah dan empat orang dari utusan perempuan.

Wakil Walikota Sabang, Islamuddin, dalam acara ini mengatakan, seluruh peserta kongres telah mencurahkan dan memusatkan pikiran guna membahas, mengkaji dan menginventarisir potensi-potensi adat dan budaya untuk dikembangkan dalam rangka melestarikan adat dan budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat.

JKMA Aceh diharapkan berperan aktif dalam pembangunan dan terus menjaga nilai-nilai budaya dengan melakukan berbagai upaya serta mampu menanamkan rasa kecintaan terhadap adat kepada seluruh lapisan masyarakat.

Apa yang dihasilkan pada kongres JKMA Aceh ini, katanya, hendaknya diakomodir, di mana seluruh program kerja yang telah dirumuskan dapat dilaksanakan dengan baik serta dapat diaplikasikan.

Koordinator JKMA Aceh terpilih, Khalidin Alba, mengatakan, untuk kesuksesan berbagai program yang dihasilkan dalam kongres JKMA III ini tidak terlepas dari dukungan seluruh JKMA wilayah.

Untuk itu ke depan pihaknya terus berupaya meningkatkan koordinasi dan hubungan antar wilayah, serta pihak terkait lainnya seperti mukim dan geuchik (kepala desa) agar memperkuat adat.

Yang terpenting dan perlu dipahami, katanya, keberadaan JKMA tidak masuk dalam ranah politik, tetapi hanya untuk memperkuat dan melestarikan adat yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Panitia pelaksana Kongres III JKMA Aceh, Zamzami, mengatakan, kongres yang dilaksanakan selama tiga hari itu diikuti 290 peserta dari berbagai kabupaten/kota se-Aceh.

Disebutkan, seluruh agenda kongres terselenggara dengan baik dan itu tidak terlepas dari dukungan semua pihak yang telah bekerja keras, terutama para tokoh masyarakat yang ada di Gampong Ie Meulee Sabang. (kim/ma)

Sumber: http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=70487:khalidin-alba-koordinator-jkma-aceh&catid=783:30-september-2010&Itemid=220