Tapaktuan, (Analisa) Sebagai wujud kepedulian terhadap nasib warga yang ditimpa musibah banjir, Jaringan Komunitas Masyarakat Adat (JKMA) Provinsi Aceh memberikan bantuan kepada korban musibah di tiga desa di Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan.

Bantuan berupa beras diserahkan, Senin (11/10), secara simbolis oleh Divisi Keuangan JKMA Bumi Teuku Cut Ali Kabupaten Aceh Selatan, Jasrial, kepada Dewan Adat JKMA Wilayah Bakongan, Husnul Sinaga.

Banjir yang melanda Aceh Selatan pada hari Minggu pekan lalu terjadi menyusul hujan lebat sepanjang tiga hari berturut-turut. Banjir melanda sejumlah desa di setiap kecamatan di bagian timur kabupaten. Bakongan merupakan satu di antaranya, selain Kluet Timur, Kluet Tengah, Kluet Selatan, Kluet Utara, Pasie Raja, Trumon.

Dalam pesannya, Koordinator Dewan Adat JKMA Bumi Teuku Cut Ali Aceh Selatan, Muhammad Umar (Emtas) melalui Badan Pelaksana, Ir.Subiyono mengatakan, bantuan yang diberikan mudah-mudahan bisa meringankan beban warga yang ditimpa musibah.

Selain sebagai wujud kepedulian sekaligus keprihatinan JKMA terhadap nasib yang menimpa warga, pemberian bantuan ini juga mencerminkan jalinan ukhuwah Islamiyah. Bahwa, saling bantu sesama manusia, merupakan tindakan yang sangat dianjurkan di dalam Islam maupun di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Karenanya, bantuan ini janganlah dilihat dari jumlahnya, akan tetapi terimalah sebagai tanda solidaritas sesama saudara kita yang mengalami penderitaan,” kata Muhammad Umar sebagaimana dikutip Ir.Subiyono.

Penyerahan bantuan berlangsung pada Senin petang di Bakongan. Dan bantuan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat di tiga desa yang mengalami musibah banjir, yaitu Desa Beutong, Rambong, dan Desa Ujung Tanah. (ma)

Sumber: http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=71859:jkma-bantu-korban-banjir-bakongan&catid=795:12-oktober-2010&Itemid=221